100 Tokoh Paling Berpengaruh Di Dunia ~ Michael H. Hart

Download Ebook 100 Tokoh Paling Berpengaruh Di Dunia ~ Michael H. Hart

Hasil gambar untuk buku 100 tokoh paling berpengaruh

"Pertama kali diterbitkan, tahun 1978, buku ini menimbulkan kontroversi di seluruh dunia. Betapa tidak, sang penulis, Michael H. Hart, berani mengambil keputusan menempatkan Nabi Muhammad Saw. di urutan pertama, padahal dia sendiri nonmuslim dan Islam bukanlah agama terbesar di dunia. Toh, buku ini terjual jutaan eksemplar dan dibaca berbagai kalangan, serta menjadi koleksi turun-temurun di setiap rumah dan perpustakaan.

Bagi Hart, seratus orang yang dipilihnya bukanlah orang-orang yang paling pintar, kuat, dan hebat, tetapi paling memengaruhi dan mengubah sejarah, mendorong kebangkitan dan kejatuhan sebuah peradaban, serta menentukan langkah takdir jutaan manusia.

Kini buku ini hadir kembali dengan edisi terbaru, di mana Hart mengajukan peringkat dan daftar orang yang berbeda,yang karier dan kontribusi mereka ditulis secara tajam dan enak dibaca.

10 orang yang menempati urutan 1-10 di buku ini antara lain:

1Muhammad SAW
2Isaac Newton
3Yesus Kristus
4Buddha
5Konfusius
6Santo Paulus
7Ts'ai Lun
8Johann Gutenberg
9Christopher Columbus
10Albert Einstein

Salah satu yang membuat kontroversial dari buku ini adalah penempatan nabi Muhammad SAW di urutan 1 dibandingkan Yesus Kristus yang berada di urutan ke 3 dibawah Isaac Newton. Namun parameter yang digunakan oleh penulis adalah PENGARUH DARI ORANG TERSEBUT dan juga CARA PANDANG DUNIA. Hal tersebutlah yang akhirnya menempatkan nabi Muhammad SAW di urutan 1 karena penulis menggangap bahwa Yesus Kristus harus berbagi tempat dengan Santo Paulus karena dinilainya bahwa Santo Paulus berperan dalam mengembangkan ajaran Kristen hingga menyebar ke seluruh dunia. Namun hal tersebut sebenarnya jika ditelusuri maka bukanlah seperti itu. Namun seperti yang saya tuliskan bahwa parameter yang dipakai penulislah yang akhirnya menimbulkan urutan seperti itu.

Sisanya untuk tokoh-tokoh lain mungkin sudah kita ketahui namun beberapa tokoh baru masuk untuk menggantikan beberapa tokoh yg dinilai kurang berpengaruh. Tokoh - tokoh baru tersebut antara lain Ernest Rutherford, Mao Zedong, Vladimir Lenin. Semua tokoh - tokoh yang dimasukkan dalam bukan buku ini bukanlah tokoh yang baik semua namun karena parameternya sekali lagi adalah PENGARUH DARI ORANG TERSEBUT maka nama seperti Hitler pun masuk.

Buku ini juga membahas mengenai asal usul Shakespeare yang sebenarnya bukan pengarang aslinya namun ada tokoh bernama Edward De Vere yang lebih cocok karena hidup serta isi tulisannya lebih menggambarkan tokoh tersebut. Beberapa hal yang menarik adalah penemuan obat bius baru terjadi pada abad 18 oleh William T. G. Morton !! Ada juga tokoh seperti Mani yaitu pendiri agama Manichaeisme dan juga Zoroaster (Zarathustra) yang dimasukkan ke dalam list 100 tokoh tersebut.

Di bagian akhir buku ini, penulis menyebutkan beberapa tokoh yang terkenal namun tidak dimasukkan dalam 100 orang. Penulis menyebutkan alasannya mengapa tidak memasukkan tokoh-tokoh seperti St. Thomas Aquinas, Archimedes, Abraham Lincoln Leonardo Da Vinci dan Mohandas Gandhi.
 

Posting Komentar

0 Komentar